PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR SEMARANG


MU’ARIFIN, 1401409388 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT BERBAHASA JAWA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS VB SDN BENDAN NGISOR SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil kolaborasi peneliti dengan guru kelas VB SDN Bendan Ngisor ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Guru kurang maksimal dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa. Hal ini mengakibatkan kurangnya keterampilan siswa dalam menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa. Tujuan penelitian adalah; (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa melalui model NHT dengan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Bendan Ngisor Semarang. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I dengan perolehan skor 24 dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat dengan jumlah perolehan skor sebanyak 31 dengan kategori baik. Pada siklus III meningkat menjadi 34 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 13,15 dengan kategori cikup. Pada siklus II meningkat dengan rata-rata 16,42 dengan kategori baik. Pada siklus III meningkat dengan rata-rata sebanyak 21,7 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar keterampilan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 66,37 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,55%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 71,21 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 72,73%. Pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90,3 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak cerita rakyat melalui model NHT dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar keterampilan menyimak cerita rakyat berbahasa Jawa siswa kelas VB SDN Bendan Ngisor Semarang. Manfaat penelitian ini adalah dapat memberi masukan pada sekolah untuk proses perbaikan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan mutu pendidikan di sekolah dapat meningkat. Saran bagi guru adalah untuk menerapkan model NHT dengan media audio visual pada pembelajaran yang lain supaya siswa lebih aktif dan manarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyimak cerita rakyat, berbahasa Jawa, NHT, audio visual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17654

Actions (login required)

View Item View Item