PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02 SEMARANG


Dewi Supadmi, 1401409387 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI PENDEKATAN SAVI DENGAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS IVA SDN PETOMPON 02 SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran aksara Jawa terintegrasi dalam muatan lokal yang dikenal dengan mata pelajaran bahasa Jawa. Porsi waktu untuk pembelajaran aksara Jawa sangat terbatas, mengingat begitu banyak kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mata pelajaran bahasa Jawa. Keadaan di lapangan menunjukkan pembelajaran aksara Jawa di sekolah tidak dapat berjalan secara maksimal, sehingga penguasaan kompetensi baca-tulis aksara Jawa juga sangat terbatas. Berdasarkan pengalaman langsung saat mengajar, observasi dan data dokumen di SDN Petompon 02 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa di kelas IVA yaitu pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, guru kurang memberikan variasi dalam pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kurang optimal dan 90% siswa tidak mengalami ketuntasan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan SAVI dengan macromedia flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Petompon 02 Semarang? Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Petompon 02 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Petompon 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, keterampilan guru memperoleh skor 9 dengan kriteria baik, rata-rata aktivitas siswa adalah 8,07 dengan kriteria cukup, ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 36,58%. Pada siklus II keterampilan guru memperoleh skor 11 dengan kriteria baik, aktivitas siswa mencapai 10,08 dengan kriteria baik, ketuntasan klasikal meningkat mencapai 65,85%. Pada siklus III keterampilan guru mencapai 15 dengan kriteria sangat baik, rata-rata aktivitas siswa adalah 13 dengan kriteria sangat baik, ketuntasan belajar klasikal mencapai 87,80% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dengan macromedia flash dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran yang peneliti berikan adalah guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa agar siswa selalu aktif dalam pembelajaran dan perhatian guru harus secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis aksara Jawa, pendekatan SAVI, macromedia flash.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17653

Actions (login required)

View Item View Item