PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG


INDAH NOVITA DEWI, 1401409372 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS IV A SDN TAMBAKAJI 04 KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru pada kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang yaitu guru kurang menggunakan variasi dengan hanya menggunakan kelas sebagai tempat belajar dan kurang memberikan motivasi kepada siswa, siswa tidak memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru, dan kurang rasa percaya diri, sehingga keterampilan menulis karangan siswa rendah dan hanya 42,9% siswa mengalami ketuntasan belajar klasikal. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang yaitu melalui metode field trip. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: apakah metode field trip dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas IV A SDN Tambakaji 04? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan melalui metode field trip pada siswa kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui metode field trip. Penelitian dilaksanakan dalan dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A SDN Tambakaji 04 Kota Semarang yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru siklus 1 memperoleh skor rata-rata 26 dengan kategori baik, pada siklus 2 meningkat menjadi 32 dengan kategori sangat baik, (2) Aktivitas siswa siklus 1 memperoleh rata-rata skor sebesar 16,03 dengan kategori baik, pada siklus 2 meningkat menjadi 23,26 dengan kategori sangat baik, (3) Keterampilan menulis karangan siswa ditunjukkan dengan hasil belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode field trip dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa, yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar menulis karangan siswa. Saran dari hasil penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan, metode field trip, siswa kelas IV A
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 13:01
Last Modified: 22 May 2014 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17652

Actions (login required)

View Item View Item