MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELEJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 03 SEMARANG


BAYU PRASTIYO SUWARNO, 1401409369 (2013) MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELEJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELEJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 03 SEMARANG]
Preview
PDF (MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA CD PEMBELEJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKAJI 03 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS bertujuan untuk membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan Negara. Data awal yang diperoleh kondisi siswa kelas V saat pembelajaran IPS belum optimal, penggunaan model pembelajaran belum sesuai kondisi siswa, kurangnya partisipasi siswa dan belum maksimalnya penggunaan media yang menyebabkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi IPS rendah. Nilai terendah yang didapat siswa adalah 50 dan nilai tertinggi 80, dengan rata-rata kelas 61. Siswa yang tuntas KKM sebanyak 47,5% dan siswa tidak tuntas sebanyak 52,5%. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas V tersebut dengan menerapkan model think pair share dengan media CD pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model think pair share dengan media CD pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Tambakaji 03 Semarang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Tambakaji 03 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Tambakaji 03 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 25 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 27 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 30 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15,7 kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 18,2 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 22,9 kategori baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 62,50%, meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan meningkat pada siklus III menjadi 79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model think pair share dengan media CD pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model think pair share dengan media CD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, IPS, Think Pair Share, CD Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:51
Last Modified: 22 May 2014 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17651

Actions (login required)

View Item View Item