PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN PERMAINAN KREATIF PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG


DEVI CHRISTIYANA, 1401409354 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN PERMAINAN KREATIF PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN PERMAINAN KREATIF PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DENGAN PERMAINAN KREATIF PADA SISWA KELAS IVA SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVA SDN Karanganyar 01 Semarang. Berdasarkan hasil observasi, catatan lapangan, dan wawancara ditemukan data bahwa dalam melakukan proses pembelajaran guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan ide dan pendapatnya melalui potongan-potongan kertas sebagai media perantaranya. Selama proses pembelajaran berlangsung guru juga belum mengajak siswa untuk melakukan sebuah permainan kreatif dan kurang memanfaatkan media. Hal ini menyebabkan rendahnya antusias dan peran aktif siswa yang berdampak pada hasil belajar yang diperolehnya. Berdasarkan hasil analisis nilai ulangan harian semester I diketahui bahwa terdapat 26 dari 40 siswa mengalami ketidaktuntasan belajar karena nilainya masih di bawah KKM yaitu ≤ 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model giving question and getting answer dengan permainan kreatif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Karanganyar 01 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model giving question and getting answer dengan permainan kreatif siswa kelas IVA SDN Karanganyar 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Karanganyar 01 Semarang. Subjek penelitian ini adalah guru dan 13 siswa kelas IVA SDN Karanganyar 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan guru dari skor 26 dengan kategori baik (siklus 1), skor 29 dengan kategori baik (siklus 2) menjadi 35 dengan kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa dari rata-rata 2,72 dengan kategori baik (siklus 1), rata-rata 3,21 dengan kategori baik (siklus 2) menjadi 3,55 dengan kategori sangat baik (siklus 3). Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn ditunjukkan dari ketuntasan belajar siswa yang meningkat secara signifikan pada tiap siklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% telah terpenuhi dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa melalui model giving question and getting answer dengan permainan kreatif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada tiap siklusnya. Disarankan agar guru selalu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif membangun sendiri konsep materi yang dipelajarinya dan merekonstruksi pengetahuannya sendiri melalui berbagai kegiatan tanya jawab sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi kondusif, ceria, bersemangat, dan lebih bermakna (meaningfull learning).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Model Giving Question And Getting Answer, Permainan Kreatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 13:01
Last Modified: 22 May 2014 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17650

Actions (login required)

View Item View Item