PENGARUH PENGETAHUAN, PENGALAMAN DAN ORIENTASI ETIKA TERHADAP AUDIT JUDGEMENT DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAWA TENGAH)

ANIESA RAKHMALIA, 7250406572 (2013) PENGARUH PENGETAHUAN, PENGALAMAN DAN ORIENTASI ETIKA TERHADAP AUDIT JUDGEMENT DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAWA TENGAH). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENGETAHUAN, PENGALAMAN DAN ORIENTASI ETIKA TERHADAP AUDIT JUDGEMENT DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN ETIS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI JAWA TENGAH))
Download (1187Kb)

    Abstract

    Audit judgement digunakan dalam rangka menghasilkan opini akhir mengenai kewajaran laporan keuangan suatu perusahaan yang akan dikeluarkan oleh auditor. Kualitas judgement yang dihasilkan oleh auditor dapat terganggu karena adanya situasi dilema etika yang terjadi pada auditor sehingga akan mempengaruhi judgement yang dihasilkannya. Auditor seharusnya dapat keluar dari konflik yang melandanya sehingga dapat mengambil suatu keputusan etis yang akan berpengaruh terhadap judgement yang dihasilkannya. Ketepatan auditor dalam menghasilkan audit judgement dipengaruhi oleh faktor individual auditor yang terdiri dari pengetahuan, pengalaman dan orientasi etika auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, pengalaman, dan orientasi etika terhadap audit judgement dengan pengambilan keputusan etis sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada KAP di Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang mudah (convenience sampling) sehingga didapatkan sebanyak 130 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa kuesioner. Structural Equation Modeling dengan program LISREL digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan persamaan struktural (1) sebagai berikut PKE=0.069*OE+0.41*PE+0.26*PG dan R2=0.53 serta memiliki nilai t-value OE 1.09, PE 3.09, dan PG 2.49. Dari persamaan tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan dan pengalaman berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis sedangkan orientasi etika tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis. Persamaan struktural (2) AJ=0.50*PKE+0.043*OE+0.24*PE+0.18*PG dan R2=0.88 serta memiliki nilai t-value PKE 5.22, OE 0.98, PE 2.43, dan PG 2.39. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa pengambilan keputusan etis, pengetahuan dan pengalaman berpengaruh terhadap audit judgement sedangkan orientasi etika tidak berpengaruh terhadap audit judgement. Pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa orientasi etika memiliki t-value sebesar 1.06, pengetahuan 2.79 dan pengalaman sebesar 2.27. Dari ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan pengalaman terbukti berpengaruh terhadap audit judgement melalui pengambilan keputusan etis sedangkan orientasi etika tidak berpengaruh. Saran untuk peneliti selanjutnya yakni dapat menambahkan faktor situasional seperti budaya organisasi dan nilai etika organisasi serta menggunakan lamanya bekerja sebagai auditor sebagai indikator variabel pengalaman.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pengalaman, Orientasi Etika, Audit Judgement dan Pengambilan Keputusan Etis.
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 09:01
    Last Modified: 22 May 2014 09:01

    Actions (login required)

    View Item