PENGARUH PER, EPS, ROA DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB-SEKTOR INDUSTRI TEXTILE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2011.


Ema Novasari , 7250406571 (2013) PENGARUH PER, EPS, ROA DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB-SEKTOR INDUSTRI TEXTILE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PER, EPS, ROA DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB-SEKTOR INDUSTRI TEXTILE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2011.]
Preview
PDF (PENGARUH PER, EPS, ROA DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB-SEKTOR INDUSTRI TEXTILE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2011.)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat pergerakan harga saham yaitu faktor internal dan factor eksternal. Faktor internal disebut juga sebagai faktor fundamental adalah factor yang berasal dari dalam perusahaan dan dapat dikendalikan oleh manajemen perusahaan. Faktor internal ini berkaitan dengan pendapatan yang akan diperoleh para pemodal baik berupa dividen maupun capital gain Faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi permintaan dan penawaran masyarakat atas saham yang diperdagangkan di pasar modal. Sehingga juga mempengaruhi harga saham dari perusahaan, apakah akan terjadi peningkatan harga saham atau sebaliknya pada perusahaan Tekstil Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan adalah perusahaan textil yang listing danaktif di pasar modal serta membagikan data yang di butuhkan berturut – turut selama periode 2009-2011 . Total populasi sebanyak 130 perusahaan manufaktur dan setelah dilakukan proses pemilihan sampel dengan metode purposive sampling diperoleh 10 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) 2011 berupa laporan keuangan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda baik secara parsial (t Test) maupun simultan (F Test). Hasil penelitian untuk PER menunjukkan nilai signifikansi 0,190 > α = 0,05 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan, EPS menunjukkan nilai signifikansi 0,213 > α = 0,05 yang berarti bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dengan harga saham perusahaan. Hasil penelitian untuk ROA menunjukkan nilai signifikansi 0,0006< α = 0,05, Hasil penelitian untuk DER menunjukkan nilai signifikansi 0,0002> α = 0,05. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Profitabilitas dengan naiknya harga saham. Dari hasil uji F (F Test), diperoleh hasil bahwa PER, EPS, ROA, dan DER secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap naiknya harga saham. Penelitian yang akan datang, sebaiknya dilakukan penambahan variable independen sehingga dapat diketahui apakah ada variabel lain yang mempengaruhi nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio (PER), Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 13:01
Last Modified: 22 May 2014 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item