PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN PUBLIK, FINANCIAL DISTRESS DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDITOR SWITCHING (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011)


Ekka Aprillia, 7211409083 (2013) PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN PUBLIK, FINANCIAL DISTRESS DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDITOR SWITCHING (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN PUBLIK, FINANCIAL DISTRESS DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDITOR SWITCHING (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011)]
Preview
PDF (PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN PUBLIK, FINANCIAL DISTRESS DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDITOR SWITCHING (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2011))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Auditor switching merupakan proses pergantian Kantor Akuntan Publik (KAP) yang dilakukan oleh perusahaan. Auditor switching di Indonesia dapat dilakukan secara mandatory maupun voluntary. Auditor switching secara voluntary inilah yang menimbulkan kecurigaan dari stakeholder untuk diketahui penyebabnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pergantian manajemen, kepemilikan publik, financial distress dan ukuran KAP terhadap auditor switching. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011 yang terdiri dari 37 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 17 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik dengan α 0,05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pergantian manajemen, kepemilikan publik, financial distress dan ukuran KAP. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil auditor switching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel berikut ini: pergantian manajemen, kepemilikan publik, financial distress dan ukuran KAP secara simultan berpengaruh terhadap auditor switching. Pergantian manajemen secara parsial tidak berpengaruh terhadap auditor switching. Kepemilikan publik secara parsial tidak berpengaruh terhadap auditor switching. Financial distress secara parsial tidak berpengaruh terhadap auditor switching. Ukuran KAP secara parsial berpengaruh negatif terhadap auditor switching. Nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 0,271 atau kemampuan keempat variabel untuk menjelaskan auditor switching sebesar 27,1% sedangkan sisanya sebesar 72,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain. Saran bagi penelitian selanjutnya agar memiliki informasi yang luas mengenai objek penelitian, menggunakan ukuran lain pada variabel yang sama, serta menambah variabel lain untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pergantian Manajemen, Kepemilikan Publik, Financial Distress, Ukuran KAP dan Auditor Switching, Voluntary Auditor Switching.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 13:16
Last Modified: 22 May 2014 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17635

Actions (login required)

View Item View Item