FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN DPRD DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA DPRD KABUPATEN PURWOREJO)


Nurul Fitri „Amalia, 7211409051 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN DPRD DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA DPRD KABUPATEN PURWOREJO). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN DPRD DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA DPRD KABUPATEN PURWOREJO)]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERAN DPRD DALAM PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA DPRD KABUPATEN PURWOREJO))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh personal background, political background danpengetahuan dewan tentang anggaran terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta-fakta bahwa latar belakang individu akan berpengaruh terhadap perilaku individu dalam peran dan aktivitas politik. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.Variabel independennya adalah pendidikan dan pelatihan, pengalaman organisasi, lama kerja di pemerintahan, pengalaman di DPRD, jabatan di partai politik dan pengetahuan dewan tentang anggaran.Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari responden dan disebarkan secara langsung.Data berhasil dikumpulkan berasal dari 43 responden yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Purworejo.Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pertama, pendidikan dan pelatihan tidak berpengaruh terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.Kedua, pengalaman organisasi tidak berpengaruh terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.Ketiga, lama kerja di pemerintahan tidak berpengaruh terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.Keempat, pengalaman di DPRD tidak berpengaruh terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.Kelima, jabatan di partai politik berpengaruh positif dan signifikan terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah.Keenam, pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap peran anggota DPRD dalam pengawasan keuangan daerah. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya hendaknya instrumen penelitian untuk variabel pendidikan dan pelatihan, pengalaman organisasi, pengalaman di DPRD perlu dikembangkan. Pengukuran varibel lama kerja di pemerintahan lebih dikembangkan dan menambah indikator yang lebih tepat

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Personal Background, Political Background, Pengetahuan Dewan tentang Anggaran, Peran Anggota DPRD, Pengawasan Keuangan Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 13:16
Last Modified: 22 May 2014 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17632

Actions (login required)

View Item View Item