FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Pengembangan Model Audit Delay dengan Audit Report Lag dan Total Lag serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya)

Alvina Noor Arifa , 7211409046 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Pengembangan Model Audit Delay dengan Audit Report Lag dan Total Lag serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY (Pengembangan Model Audit Delay dengan Audit Report Lag dan Total Lag serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya))
Download (2387Kb)

    Abstract

    Audit delay adalah waktu penundaan pelaporan laporan keuangan audited. Audit delay dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu audit report lag dan total lag. Penelitian ini bertujuan untuk mendapat bukti secara empiris tentang perbedaan antara audit report lag dan total lag serta menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini terdiri dari dua model regresi linier berganda, yaitu model regresi audit report lag dan model regresi total lag. Penelian ini juga melakukan uji beda untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara variabel audit report lag dan total lag. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan 121 sampel selama tahun 2010-2011. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil melalui teknik dokumentasi yang terdiri dari annual report perusahaan manufaktur tahun 2010-2011. Penelitian ini dilakukan dengan dua model analisis regresi linier berganda, tahap pertama merupakan model regresi linier yang menjelaskan tentang pengaruh ukuran KAP, opini audit, dan audit commitee size terhadap audit report lag. Sedangkan tahap kedua merupakan model regresi yang menjelaskan tentang pengaruh ukuran KAP, opini audit, dan audit commitee size terhadap total lag. Penelitian ini juga melakukan uji beda (t-test) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan antara audit report lag dan total lag dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada kedua model regresi, seluruh variabel independen berpengaruh baik secara signifikan maupun parsial terhadap audit report lag maupun total lag. Hasil dari uji beda menunjukkan bahwa memang terdapat perbedaan secara signifikan antara audit report lag dan total lag Sehingga, terdapat perbedaan dalam mendefinisikan kedua penelitian tersebut. Beberapa saran bagi penelitian selanjutnya adalah menggunakan sampel yang lebih luas ataupun pada sektor lain, dan menambah periode penelitian. Mempertimbangkan lebih pentingnya tenggang waktu total lag daripada audit report lag karena tenggang waktu total lag merupakan waktu yang diperlukan perusahaan untuk mempublikasikan laporan keuangan auditannya kepada pihak ekstern dan intern perusahaan, sehingga informasi dapat tersedia tepat waktu ketika dibutuhkan dalam pengambilan keputusan, maka diharapkan penelitian-penelitian berikutnya dapat lebih menekankan penelitiannya pada tenggang waktu total lag.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Audit Delay, Audit Report Lag, Total Lag, Ukuran KAP, Opini Audit, Audit Commitee Size.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 11:32
    Last Modified: 22 May 2014 11:32

    Actions (login required)

    View Item