PERSEPSI PENGURUS ATAS PELAYANAN, KESADARAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN KPRI KABUPATEN TEGAL

AMELIA RATIH LARASATI , 7211409039 (2013) PERSEPSI PENGURUS ATAS PELAYANAN, KESADARAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN KPRI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI PENGURUS ATAS PELAYANAN, KESADARAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN KPRI KABUPATEN TEGAL)
Download (3105Kb)

    Abstract

    Pelayanan, kesadaran, dan sanksi pajak tidak terlepas dari kepatuhan untuk membayarkan pajaknya oleh wajib pajak yang mempunyai NPWP antara lain KPRI yang menjadi salah satu jenis koperasi. Namun tentunya ini semua tergantung dari peran pengurus KPRI. Apakah mereka mengetahui pajak yang baik seperti apa, kesadaran untuk membayarkan pajak dan pengetahuan akan sanksi yang dikenakan jika tidak membayarkan pajaknya sehingga kepatuhan untuk membayar pajak akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelayanan ,kesadaran, dan sanksi pajak terhadap kepatuhan KPRI. Populasi dalam penelitian ini adalah KPRI yang berada di Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel adalah metode convience sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 63 KPRI. Data yang digunakan berupa data primer dengan teknik kuisioner. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pelayanan, kesadaran, dan sanksi pajak. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil kepatuhan KPRI. Pengolah data menggunakan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel berikut ini: pelayanan pajak tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan KPRI (0,463>0,05). Kesadaran pajak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan KPRI (0,000<0,05). Sanksi pajak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan KPRI (0,005<0,05). Pelayanan, kesadaran, dan sanksi pajak berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan KPRI (0,000<0,05). Analisis regresi yang didapatkan dari penelitian ini adalah Ŷ =0,560+0,060X1+0,818X2+0,502X3. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa pelayanan pajak tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan pajak sedangkan kesdaran dan sanksi pajak berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan pajak. pelayanan, kesadaran, dan sanksi pajak juga berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan pajak. Diharapkan kantor pelayanan pajak memberikan sosialisasi tentang tata cara pembayaran pajak, pemerintah memberikan sosialisasi tentang pentingnya membayar pajak tepat waktu dan pengenaan sanksi bagi para pelanggar aturan perpajakan serta penegakan sanksi tanpa memandang siapapun, selain itu harus ada umpan balik dari pengurus KPRI dan pengelola pajak agar pengelolaan pajak berjalan efektif, efisien dan tepat sasaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kesadaran, Sanksi, Kepatuhan, KPRI.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 11:32
    Last Modified: 22 May 2014 11:32

    Actions (login required)

    View Item