PENGARUH ELEMEN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Amirul Khoirudin, 7211409038 (2013) PENGARUH ELEMEN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH ELEMEN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA)
Download (1743Kb)

    Abstract

    Pengungkapan tanggung jawab sosial tidak hanya berkembang pada ekonomi konvensional, tetapi berkembang juga pada ekonomi syariah. Selama ini pengukuran pengungkapan tanggung jawab sosial pada perbankan syariah masih mengacu pada Global Reporting Initiative Index (GRI), padahal saat ini banyak diperbincangkan mengenai Islamic Social Reporting yang sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari elemen Good Corporate Governance terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perbankan syariah di Indonesia. Elemen Good Corporate Governance yang digunakan yaitu ukuran Dewan Komisaris dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah di Indonesia. Total sampel yang diuji sebanyak 10 bank umum syariah yang dipilih dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menganalisis laporan tahunan perusahaan dengan metode content analysis. Teknik analisis dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan indeks Islamic Social Reporting pada tahun 2011. Rata-rata pengungkapan Islamic social reporting yang dilakukan oleh perbankan syariah adalah sebesar 55,20%. Ukuran dewan komisaris dan ukuran dewan pengawas syariah secara simultan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Islamic social reporting pada perbankan syariah di Indonesia. Ukuran dewan komisaris terbukti memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Islamic social reporting pada perbankan syariah di Indonesia, sedangkan ukuran dewan pengawas syariah tidak terbukti berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic social reporting pada perbankan syariah di Indonesia. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain yaitu peneliti selanjutnya hendaknya menambah variabel independen agar nilai koefisien determinasi dapat lebih baik. Pemerintah disarankan agar mengeluarkan peraturan mengenai praktik dan pengungkapan tanggung jawab sosial yang sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah tahun pengamatan sehingga dapat lebih menggambarkan pengungkapan Islamic social reporting perbankan syariah di Indonesia.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Good Corporate Governance, Islamic Social Reporting.
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 11:32
    Last Modified: 22 May 2014 11:32

    Actions (login required)

    View Item