PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Nirawan Adiasa , 7211409030 (2013) PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING]
Preview
PDF (PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN PREFERENSI RISIKO SEBAGAI VARIABEL MODERATING)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemahaman tentang peraturan perpajakan dengan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh preferensi risiko yang berperan sebagai variabel moderating pada hubungan antara pemahaman tentang peraturan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak Penelitian ini dilakukan dengan metode Convenience Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden dari wajib pajak orang pribadi daerah Semarang Barat. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang berisi jawaban – jawaban responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Selisih Nilai Mutlak.. Hasil regresi menunjukkan bahwa pemahaman tentang peraturan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Preferensi risiko berpengaruh tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib. Demikian juga preferensi risiko berpengaruh tidak signifikan dan tidak dapat memoderasi hubungan antara pemahaman tentang peraturan perpajakan. Hasil pengujian uji interaksi menunjukan bahwa prefrensi risiko berpengaruh tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan tidak dapat memoderasi hubungan antara pemahaman tentang peraturan perpajakan dengan kepatuhan wajib pajak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemahaman tentang peraturan perpajakan, berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Akan tetapi untuk variabel moderating pada penelitian ini yaitu preferensi risiko berpengaruh tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Demikian juga dengan pengaruh prefrensi terhadap hubungan antara pemahaman tentang peraturan perpajakan dengan kepatuhan wajib pajak berpengaruh tidak signifikan dan tidak dapat memoderasi hubungan antara kedua variabel tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman tentang peraturan perpajakan, kepatuhan wajib pajak, preferensi risiko
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:34
Last Modified: 22 May 2014 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item View Item