MANAJEMEN PENGELOLAAN INVENTARISASI GUNA MENUNJANG AKTIVITAS PERBEKALAN DI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rima Astari, 7101409095 (2013) MANAJEMEN PENGELOLAAN INVENTARISASI GUNA MENUNJANG AKTIVITAS PERBEKALAN DI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PENGELOLAAN INVENTARISASI GUNA MENUNJANG AKTIVITAS PERBEKALAN DI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN PENGELOLAAN INVENTARISASI GUNA MENUNJANG AKTIVITAS PERBEKALAN DI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan inventarisasi berpengaruh terhadap semua fungsi sistem operasi. Selayaknya proses manajerial, inventarisasi sangat diperlukan dalam serangkaian proses perencanaan hingga penghapusan suatu barang inventaris. Akan tetapi, realita yang terjadi di lapangan sebagian besar instansi kurang memperhatikan pentingnya inventarisasi. Berdasarkan data yang diperoleh dilapangan terkait laporan pengelolaan barang, dapat terlihat bahwa data tabel yang tersedia tidak menunjukkan pencatatan atas barang inventaris secara rutin per bulan. Padahal untuk mengetahui sejauh mana kuantitas dan kualitas barang secara periodik perlu diketahui tahapan pengelolaan barang inventaris tiap bulannya. Hal ini menginterpretasikan bahwa inventarisasi barang yang dilakukan hanya terbatas pada tiga tahapan yang meliputi, pencatatan ketika barang masuk, mutasi, hingga akhir tahun pelaporan. Pertimbangan diatas melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian mengenai perencanaan inventarisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui konsep sistem inventarisasi berlaku secara keseluruhan hingga perencanaan sistem pengelolaan inventarisasi yang tepat dipergunakan pada Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti memilih model analisis data Miles dan Huberman yang meliputi 3 tahapan; reduksi data, display data, conclusion. Prosedur penelitian meliputi proses orientasi, reduksi, seleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPs Unnes menggunakan aplikasi SIMAK BMN dalam penanganan inventarisasinya. Kekurangan sistem ini terletak pada manajemen operasionalnya yang sifatnya offline. Selain dari segi sistem, keterbatasan sumber daya manusia juga menjadi faktor dominan yang memicu kendala dalam serangkaian kegiatan inventarisasi. Keterbatasan petugas yang ada perlu diselesaikan melalui penambahan sumber daya manusia. Upaya pengecekan untuk mengatasi kendala harus dikelola lebih baik lagi. Pembagian tugas pengecekan barang inventaris, dimana tiap petugas bertanggungjawab atas barang inventaris keseluruhan ruangan dalam satu gedung. SIMAK BMN sebagai sistem aplikasi pengelolaan barang inventaris seharusnya dilengkapi dengan fasilitas online yang membantu proses update aplikasi agar lebih efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Inventarisasi, SIMAK BMN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:33
Last Modified: 22 May 2014 15:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17616

Actions (login required)

View Item View Item