PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBATUR KABUPATEN BANYUMAS


Septi Mawartiani, 1401409157 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBATUR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBATUR KABUPATEN BANYUMAS]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TARI PENDEK BERTEMA MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALIBATUR KABUPATEN BANYUMAS)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK materi Tari Pendek Bertema, di kelas III SD Negeri Kalibatur Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah. Hal ini dikarenakan penyampaian materi masih berpusat pada guru yang cenderung menggunakan metode ceramah dan peniruan, tanpa memberikan banyak kesempatan pada siswa untuk mengembangkan daya kreasi, potensi, dan imajinasi dalam menghasilkan suatu kreativitas. Akibatnya proses pembelajaran yang dilaksanakan menjadi kurang optimal. Siswa hanya melihat dan menirukan gerakan pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga menjadikan siswa kurang aktif, kurang berminat, dan hasil belajarnya kurang memuaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut, alternatif yang dapat dipilih yaitu guru menerapkan metode field trip pada materi Tari Pendek Betema. Tujuan menerapkan metode field trip pada penelitian ini yaitu, untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan performansi guru serta aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi Tari Pendek Bertema pada siswa kelas III SD Kalibatur Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Kalibatur Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, di mana terdapat tes performansi/praktek setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu: (1) nilai rata-rata kelas ≥ 75, dengan persentase ketuntasan belajar minimal 75%; (2) rata-rata nilai aktivitas belajar siswa ≥ 75%; (3) nilai performansi guru ≥ 71 (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 75,40 dengan ketuntasan belajar klasikal 69,23%, persentase keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 71,93%, dan nilai performansi guru 80,42 (B). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 80,65 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,46%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 78,77%, dan nilai performansi guru 88,72 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode field trip dapat meningkatkan performansi guru, serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kalibatur Kabupaten Banyumas pada mata pelajaran SBK materi Tari Pendek Bertema.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Field Trip, Tari Pendek Bertema, Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:36
Last Modified: 22 May 2014 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17607

Actions (login required)

View Item View Item