PENGARUH CARA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SURAT-MENYURAT SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PALEBON SEMARANG


Martina Dwi Permatasari, 7101409062 (2013) PENGARUH CARA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SURAT-MENYURAT SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CARA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SURAT-MENYURAT SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PALEBON SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH CARA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT SURAT-MENYURAT SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PALEBON SEMARANG)
Download (13MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil dari kegiatan belajar dan mengajar. Hasil belajar dapat menunjukkan tingkat keberhasilan yang dicapai setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, di mana tingkat keberhasilan tersebut dapat ditandai dengan skala nilai berupa huruf atau kata atau simbol. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya yaitu cara belajar dan iklim sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh cara belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar mata diklat surat menyurat siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Palebon Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh cara belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar mata diklat surat menyurat siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Palebon Semarang. Populasi penelitian ini adalah kelas X jurusan administrasi perkantoran SMK Palebon Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Probability Sampling dan didapatkan sampel dengan jumlah 97 siswa. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu cara belajar (X1), iklim sekolah (X2), dan hasil belajar (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan menggunakan SPSS diperoleh Y = 54,243 + 0,136X1 + 0,237X2. Hasil uji parsial diperoleh thitung 2,341 dengan signifikansi 0,021 < 0,05 dan thitung 3,465 dengan signifikansi 0,01 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh dari masing-masing variabel yaitu cara belajar dan iklim sekolah terhadap hasil belajar mata diklat surat menyurat siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Palebon Semarang. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung 54,931 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka ini berarti ada pengaruh cara belajar dan iklim sekolah secara bersamasama terhadap hasil belajar mata diklat surat-menyurat siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Palebon Semarang. Kesimpulan bahwa secara parsial maupun simultan cara belajar dan iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata diklat surat menyurat siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Palebon Semarang. Saran bagi penelitian ini adalah bagi siswa diharapkan lebih mengembangkan cara belajar dengan mempelajari kembali di rumah materi yang telah dijelaskan oleh guru di sekolah serta membuat jadwal belajar dan melaksanakannya secara teratur

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cara Belajar, Iklim Sekolah, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:36
Last Modified: 22 May 2014 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17603

Actions (login required)

View Item View Item