PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CLAY MATERI BERKARYA RELIEF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA


Nurmeita Tri Wahyuni, 1401409151 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CLAY MATERI BERKARYA RELIEF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CLAY MATERI BERKARYA RELIEF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CLAY MATERI BERKARYA RELIEF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) pada materi berkarya relief di SD Negeri 2 Karangsentul Purbalingga. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran belum memanfaatkan media yang inovatif, kreatif, dan interaktif dalam pembelajaran seni rupa di sekolah, khususnya materi Berkarya Relief sehingga mengakibatkan siswa bosan dan hasil belajar siswa kurang optimal. Keadaan yang demikian mendorong guru untuk menerapkan alternatif penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan yaitu clay. Media clay merupakan media baru yang sesuai meningkatkan kemampuan siswa dalam berkarya relief sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsentul Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 25 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan akivitas belajar siswa, serta pengamatan performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 70, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, persentase keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sebesar 63,57%, rata-rata nilai hasil belajar 69,5 dengan ketuntasan belajar klasikal 71,97%, persentase dan nilai performansi guru 74,5 (B). Pada siklus II nilai aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat menjadi 76,89, rata-rata nilai hasil belajar 81,97 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,35 %, persentase dan nilai performansi guru 87,62 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran clay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan khusunya seni rupa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Clay, Aktivitas dan Hasil Belajar, Berkarya Relief.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:36
Last Modified: 22 May 2014 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item View Item