PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KONSENTRASI KEPEMILIKAN, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL

Ariva Puasanti , 7211409022 (2013) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KONSENTRASI KEPEMILIKAN, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KONSENTRASI KEPEMILIKAN, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL)
Download (4Mb)

    Abstract

    Ketidakmampuan perusahaan untuk menyediakan informasi yang cukup untuk menciptakan nilai dan pengungkapan intangible assets. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan pengungkapan modal intelektual. Pengungkapan modal inteletual dapat memberikan kontribusi pada keunggulan kompetitif perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, konsentrasi kepemilikan, komisaris independen, dan leverage terhadap pengungkapan modal intelektual. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2011. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk pengumpulan data. Pengumpulan data dari tahun 2010-2011 menghasilkan 136 annual report. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, konsentrasi kepemilikan, komisaris independen, dan leverage secara simultan berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Pengujian parsial menunjukkan umur perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan modal intelektual. Ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, dan komisaris independen berpengaruh positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Simpulan dari penelitian ini yakni ukuran, konsentrasi kepemilikan, dan komisaris independen terbukti mampu meningkatkan pengungkapan modal intelektual. Saran untuk penelitian yang akan datang untuk menggunakan item pengungkapan Modal Intelektual dengan instrument yang menyesuaikan konteks bisnis yang ada di Indonesia.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Modal Intelektual, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Konsentrasi Kepemilikan, Komisaris Independen, dan Leverage.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 11:37
    Last Modified: 22 May 2014 11:37

    Actions (login required)

    View Item