PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PROBABILITAS KEBANGKRUTAN TERHADAP WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN DENGAN AUDIT REPORT LAG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Evita Persephony , 7211409020 (2013) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PROBABILITAS KEBANGKRUTAN TERHADAP WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN DENGAN AUDIT REPORT LAG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PROBABILITAS KEBANGKRUTAN TERHADAP WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN DENGAN AUDIT REPORT LAG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING]
Preview
PDF (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PROBABILITAS KEBANGKRUTAN TERHADAP WAKTU PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN DENGAN AUDIT REPORT LAG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan yang sudah go public mempunyai kewajiban untuk mempublikasikan laporan keuangannya ke bursa agar pihak yang berkepentingan dapat mengetahui posisi keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan, namun tidak semua perusahaan dapat mempublikasikan laporan keuangannya secara tepat waktu. Faktor dari dalam perusahaan maupun dari auditor independen sangat mempengaruhi ketepatan waktu publikasi laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, reputasi KAP, dan probabilitas kebangkrutan terhadap waktu publikasi laporan keuangan dengan audit report lag sebagai varabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan perusahaan yang tergabung dalam indeks LQ-45 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 72 sampel selama tahun 2009-2011. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan dan bukti iklan penyampaian laporan keuangan. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi berganda dan analisis jalur untuk menguji pengaruh variabel intervening. Pengujian melalui regresi berganda model 1 membuktikan bahwa secara simultan variabel independen tidak berpengaruh terhadap audit report lag, namun secara parsial reputasi KAP berpengaruh terhadap audit report lag. Regresi model 2 membuktikan semua variabel independen secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap waktu publikasi laporan keuangan. Pengujian menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa audit report lag bukan merupakan variabel intervening dari ukuran perusahaan dan probabilitas kebangkrutan namun merupakan variabel intervening antara reputasi KAP terhadap waktu publikasi laporan keuangan. Simpulan penelitian ini adalah audit repot lag bukanlah variabel intervening antara ukuran perusahaan dan probabilitas kebangkrutan namun merupakan variabel intervening antara reputasi KAP terhadap waktu publikasi laporan keuangan. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah memperluas sampel penelitian dan menambah periode penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan Waktu, Audit Report Lag, Ukuran Perusahaan, Reputasi KAP, Probabilitas Kebangkrutan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:49
Last Modified: 22 May 2014 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item