UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI I BANDAR BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)

ArisPrihatmoko, 3101406048 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI I BANDAR BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Sejarah adalah mata pelajaran yang menanamkan pengatahuan dan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia pada masa lampau hingga kini. Namun pada pembelajaran Sejarah dikelas XI IPS 1 SMA Bandar Batang masih rendah, 58,3 % siswa mendapat nilai dibawah KKM . Guru belum menggunakan model pembelajaran yang variatif yang dapat manarik minat siswa, guru juga belum menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa. Maka perlu alternatif perbaikan dengan menggunakan model Team Game Tournament. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapakah penggunaan model pembelajaran model pembelajaran Team Game Tournament pada pembelajaran sejarah dapat meningkatkan hasil belajar kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bandar Batang Tahun Ajaran 2012/2013?.Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS sejarah melalui penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament pada kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bandar Batang Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Team Games Tournament yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelasXI IPS 1 SMA Negeri 1 Bandar Batang.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kompetensi kinerja guru dalam mata pelajaran sejarah meningkat dari siklus I sebesar 52% pada kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 66,36% pada kategori baik.(2) aktivitas siswa dalam mata pelajaran sejarah meningkat dari siklus I sebesar 62,74% pada kategori cukup menunjukkan peningkatan pada siklus II sebesar 75,36% pada kategori baik.(3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah meningkat dari kondisi prasikus dengan presentase ketuntasan belajar 8,83% meningkat pada siklus I menjadi sebesar 62,74% pada kategori cukup menunjukkan peningkatan pada siklus II sebesar 75,36% pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model Team Games Tournamentdapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMAN Bandar Batang.Saran bagi guru adalah sebaiknya guru dapat menggunakan model Team Game Tournament sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah yang efektif untuk meningkatkan motivasi, interaksi dan keaktifan siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Team Games Tournament, Sejarah SMA
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: radiya upt perpust
Date Deposited: 22 May 2014 11:50
Last Modified: 22 May 2014 11:50

Actions (login required)

View Item