PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU SISWA KELAS XA SMA NEGERI 2 BLORA

Rachma Dian K.K.B. , 2101403517 (2007) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU SISWA KELAS XA SMA NEGERI 2 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI DENGAN MEDIA LAGU SISWA KELAS XA SMA NEGERI 2 BLORA) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis paragraf deskripsi kelas XA SMA Negeri 2 Blora masih rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Faktor intern berasal dari siswa, sedangkan faktor ekstern, salah satunya berasal dari metode guru dalam melaksanakan pembelajaran dan minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Pemilihan metode dan penggunaan media berdasarkan tuntutan KBK ini memberi kebebasan kepada guru untuk memilih metode dan menggunakan media yang beragam, sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji 2 masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora setelah mengikuti pembelajaran dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu pada siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora setelah mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora, setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu dan (2) mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa kelas XA SMA Negeri 2 Blora, setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis paragraf deskripsi. Dan untuk teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Nilai rata-rata kelas pada tahap pratindakan sebesar 62,1 dan mengalami peningkatan sebesar 3,1 poin menjadi sebesar 65,2. Selanjutnya pada siklus II i nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72,22. Setelah menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu juga terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui metode sugesti-imajinasi dengan media lagu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan metode sugesti-imajinasi dengan media lagu pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian yang sama tetapi dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, metode sugesti-imajinasi, media lagu.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 24 Apr 2011 20:58
    Last Modified: 24 Apr 2011 20:58

    Actions (login required)

    View Item