KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DAGAN KABUPATEN PURBALINGGA PADA MATERI GLOBALISASI


Rizqi Febriyani, 1401409144 (2013) KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DAGAN KABUPATEN PURBALINGGA PADA MATERI GLOBALISASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DAGAN KABUPATEN PURBALINGGA PADA MATERI GLOBALISASI ]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DAGAN KABUPATEN PURBALINGGA PADA MATERI GLOBALISASI ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam proses pembelajarannya lebih banyak menggunakan ceramah, hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan siswa untuk mengembangkan potensinya dan membuat siswa cenderung pasif. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelaaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara siswa yang menerapkan Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 1 Dagan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian sebanyak 46 siswa kelas IV SD Negeri 1 Dagan yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IV A dan IV B dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 23. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, sehingga semua anggota populasi dijadikan sampel. Data awal penelitian menggunakan nilai pretest yang menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 65,21, sedangkan kelas kontrol sebesar 63,91. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05, sehingga Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Hasil pengamatan menunjukkan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Hasil penghitungan data hasil belajar menunjukkan perolehan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 2,286, sehingga Ho ditolak karena t hitung > t tabel, yaitu 2,286 > 2,013. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Hasil posttest menunjukkan aktivitas belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:38
Last Modified: 22 May 2014 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item