EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2012/2013


Yuliani Siskawati, 7101409059 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 KAYEN KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kayen pada mata pelajaran akuntansi belum maksimal. Menurut data laporan hasil ulangan harian jurnal khusus tahun ajaran 2011/2012 nilai rata-rata akuntansi siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal ini disebabkan oleh pemahaman siswa yang kurang terhadap materi jurnal khusus serta model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran TGT dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab, kerja sama, keterlibatan belajar dan mendorong siswa untuk saling membantu memahami materi yang dipelajari, sehingga dengan model TGT diharapkan proses pembelajaran dapat efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar dan lebih efektif dibandingakan dengan metode konvensional (ceramah) pada kompetensi dasar jurnal khusus kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kayen Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMA N 1 Kayen dimana objek penelitiannya adalah XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar (Y) dan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) (X). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis H1 dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-tes, dan H2 menggunakan uji independent sample T Test Hasil penelitian diperoleh pembelajaran pada kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) terjadi perubahan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen menjadi 80,51 dengan nilai tertinggi 93 dan terendah 63 serta tingkat ketuntasan menjadi 82,05% sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata 77,81 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 67 serta tingkat ketuntasan menjadi 72,98%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model kooperatif TGT manpu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan jurnal khusus kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kayen dibandingkan dengan model konvensional (ceramah). Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru akuntansi dapat menggunakan model pembelajaran TGT sebagai alternative dalam memilih strategi pengajaran akuntansi ix ABSTRACT Siskawati, Yuliani. 2013. Effectiveness of Cooperative Learning Model Type TGT (Teams Games Tournament) In Accounting On Improving Learning Outcomes Competency Journal Special Basic Class XI Students IPS SMA N 1 Kayen Academic Year 2012/2013. Thesis. Department of Economic Education.Faculty of Economics. Semarang State University. Supervisor Drs. Tarsis Tarmudji, M.M and Rediana Setiyani, S.Pd, M.Si Keywords: Teams Games Tournament, learning outcomes, specific journal. Learning outcomes in class XI IPS SMA Negeri 1 Kayen on accounting subjects is not maximized. According to data reported daily test results specific journal academic year 2011/2012 the average value accounting students below minimum criteria for completeness. This is due to the students' understanding of the material that is less specialized journals and learning models are used. TGT learning model can cultivate an attitude of responsibility, cooperation, involvement and encourage students to learn to help each other understand the material being studied, so that the TGT model is expected to be effective learning process. This study aims to determine whether learning by using TGT cooperative learning model to improve learning outcomes and more effectively from those of conventional methods (lectures) on the basis of competence specialized journals XI IPS SMA Negeri 1 Kayen Academic Year 2012/2013. This study is an experimental study conducted in SMA N 1 Kayen where the object of research is XI IPS 1 as the experimental class and class XI IPS 2 as a control. Variable in this study is the result of learning (Y) and learning model TGT (Teams Games Tournament) (X). The data collection method in this study using observation, documentation, and testing. H1 hypothesis testing in this study using paired samples t-test, and H2 using independent sample T test Test The results obtained in the experimental group is learning to use learning model TGT (Teams Games Tournament) and a control class using conventional learning models (lecture) a change in learning outcomes. Average learning outcomes in the experimental group to be 80.51 with a highest score of 93 and 63 and the lowest level of mastery to 82.05%, while the control group gained an average of 77.81 with a highest score of 90 and a low of 67 and a level of mastery 72.98%. The conclusion of this research is to study the cooperative model TGT Manpu improve student learning outcomes and more effective learning outcomes of students in the subject of specialty journals in class XI IPS SMA Negeri 1 Kayen compared to conventional models (lecture). Advice given in this study are accounting teachers can use as an alternative learning model TGT in selecting teaching strategies accounting

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Hasil belajar, Jurnal khusus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:50
Last Modified: 22 May 2014 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17586

Actions (login required)

View Item View Item