UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAHSISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 1 KERTEK DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLES NON EXAMPLESTAHUN AJARAN 2012/2013
Nugroho Setya W, 3101406047 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAHSISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 1 KERTEK DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLES NON EXAMPLESTAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAHSISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 1 KERTEK DENGANMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANEXAMPLES NON EXAMPLESTAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran sejarah di kelas VIII E SMP N 1Kertek bisa dikatakan belum maksimal.Siswa masih banyak terlihat pasif dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena guru memegang kendali penuh di kelas. Pembelajaran IPS Seajarah masih terkesan hanya menggunakan metode ceramah yang menitik beratkan pada peran guru semata sehingga menimbulkan kejenuhan siswa dan prestasi belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih berfariasi, salah satunya adalahModel Pembelajaran Examples Non Examples. Dalam menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dengan pendekatan kooperatif guru mengusahakan agar siswa lebih aktif dan efisien pada kegiatan belajar. Rumusan masalah peneliti adalah: apakah penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek tahun ajaran 2012/2013?.Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS sejarah di kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Kertek, pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Penelitian ini dilakukan 2 siklus karena peningkatan hasil belajar telah tercapai. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamtan dan refeleksi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan modelpembelajaran Examples Non Examples. Adapun yang menjadi subyek dalam pnelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 32 siswa. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapatkan nilai minima ≥ 75,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencaapai 90% dari jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pemebelajaran Examples Non Examples, prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP N 1 Kertek dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan dari perolehan hasil data penelitian pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan data pada pra siklus diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai 60% atau 19 siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 72,7. Sesudah dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 78% atau 25 siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 82. Berdasarkan perolehan hasil penelitian tersebut dapat diketahui ketuntasan belajar siswa meningkat, akan tetapi ketuntasan tersebut belum memenuhi indikator keberhasailan yang peneliti tetapakan yaitu ≥ 90%, oleh sebab itu perlu adanya tindakan siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diketahui ketuntasan belajar siswa mencapai 92% atau 29 siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai 87,8. Dengan peningkatan perolehan hasil ketuntasan belajar siswa 92% pada siklusII, dapat dikatakan sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti dengan ketuntasan belajar sebesar ≥ 90%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Examples Non Examples |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 15:50 |
Last Modified: | 22 May 2014 15:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17585 |
Actions (login required)
View Item |