PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2011)


Fuji Juwita Sari , NIM 7211409012 (2013) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2011). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2011)]
Preview
PDF (PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2011))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena risiko bisnis yang terjadi pada perusahaan Enron, WordCom, dan krisis global disebabkan adanya konflik kepentingan seperti yang dijelaskan dalam teori agensi. Konflik tersebut dapat dikurangi dengan adanya pengungkapan ERM. Teori agensi didukung teori sinyal menjelaskan bahwa pengungkapan ERM merupakan sinyal yang diberikan perusahaan dalam pelaksanaan Good Corporate Governance. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Corporate Governance (komisaris independen, reputasi auditor, RMC), konsentrasi kepemilikan dan ukuran perusahaan secara simultan dan parsial terhadap Pengungkapan ERM. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2010-2011. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang masuk kriteria sebanyak 90 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2010-2011 sebanyak 180 annual report. Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Hasil pengujian simultan menunjukan bahwa komisaris independen, reputasi auditor, RMC, konsentrasi kepemilikan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap Pengungkapan ERM. Pengujian parsial menunjukan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap ERM. Reputasi auditor, RMC, konsentrasi kepemilikan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap ERM. Simpulan dari penelitian ini yakni struktur Corporate Governance, konsentrasi kepemilikan dan ukuran perusahaan terbukti mampu meningkatkan pengungkapan ERM. Saran bagi perusahaan, supaya memperkuat struktur Corporate Governance untuk meningkatkan pengungkapan ERM, sehingga kecurangan yang terjadi dalam perusahaan dapat diminimalisir.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ERM, Komisaris Independen, Reputasi Auditor, RMC, Konsentrasi Kepemilikan, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:54
Last Modified: 22 May 2014 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17584

Actions (login required)

View Item View Item