PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI


Dinny Prastiwi Brilianti , 7211409004 (2013) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Maraknya manajemen laba yang terjadi pada perusahaan manufaktur dikarenakan adanya konflik kepentingan antara agen dan prinsipal. Konservatisme akuntansi sebagai suatu konsep yang dapat diterapkan dalam penyusunan laporan keuangan untuk mencegah pelaporan laba yang overstate, sehingga dapat mengurangi biaya keagenan yang terjadi antara manajer dengan pemegang saham dan manajer dengan kreditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, leverage dan komite audit secara simultan dan parsial terhadap penerapan konservatisme akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2009-2010 yang melaporkan laporan keuangan yang lengkap dan dipublikasikan pada Indonesian Capital Market Directory.. Teknik pemilihan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang masuk kriteria sebanyak 46 perusahaan. Unit analisis sampel untuk tahun 2009-2010 sebanyak 92 annual report, dengan data outlier sebanyak 5 sehingga jumlah sampel menjadi 87.Metode analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 16 for windows. Hasil pengujian secara simultan menunjukan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, leverage dan komite audit berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Pengujian parsial menunjukan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. Sementara itu, kepemilikan institusional, leverage dan komite audit tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemilikan manajerial yang tinggi justru mendorong dilakukannya ekspropriasi terhadap perusahaan dan lebih cenderung tidak konservatif. Saran bagi perusahaan, untuk membatasi kepemilikan saham oleh manajemen agar tidak terlalu mendominasi perusahaan dan laporan keuangan yang dihasilkan semakin konservatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konservatisme Akuntansi, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Komite Audit.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:54
Last Modified: 22 May 2014 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17583

Actions (login required)

View Item View Item