KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR MELALUI MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TONJONG 1 BREBES


Putri Indah Ayu Puspitasari, 1401409093 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR MELALUI MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TONJONG 1 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR MELALUI MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TONJONG 1 BREBES]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DAUR AIR MELALUI MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TONJONG 1 BREBES)
Download (1MB) | Preview

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran IPA memerlukan upaya pengkonkretan materi agar siswa dapat lebih mudah dalam memahami penjelasan guru. Media berbasis Adobe Flash dengan Model Cooperative Learning dapat dijadikan media dan model alternatif dalam pembelajaran IPA. Media tersebut dapat membuat materi yang dipelajari lebih menarik dan mudah dipahami. Selain itu dengan penggunaan model tersebut, pola interaksi yang terjadi di kelas menjadi lebih bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara siswa kelas V yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning melalui media berbasis Adobe Flash dengan yang tidak melalui media berbasis Adobe Flash pada materi Daur Air. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tonjong 1 Kabupaten Brebes tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 69 siswa dan terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas VA sebanyak 32 siswa dan VB 37 siswa. Sampel penelitian sejumlah 59 siswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Analisis statistik yang digunakan yaitu pearson product moment untuk uji validitas dan KR-21 untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Liliefors untuk menguji normalitas data, Independent Sample T Test untuk menguji homogenitas, uji t digunakan untuk menguji hipotesis hasil belajar, dan uji Mann Whitney U untuk menguji hipotesis aktivitas belajar. Penghitungannya menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian aktivitas belajar menunjukkan Asymp. Sig.= 0,040 < α = 0,05. Hasil uji t terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,031 dan signifikansinya sebesar 0,004. Harga ttabel dengan dk = 57 dan α = 0,05 yaitu 2,002. Hal ini berarti thitung > ttabel (3,031 > 2, 002) atau signifikansinya 0,004 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar antara siswa kelas V yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning melalui media berbasis Adobe Flash dengan yang tidak melalui media berbasis Adobe Flash pada materi Daur Air.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, media Adobe Flash, dan pembelajaran Daur Air
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:54
Last Modified: 22 May 2014 15:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17581

Actions (login required)

View Item View Item