PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG


Ratna Wulandari, 1401409095 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANG KULON 02 KOTA SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi peneliti pada tanggal 5 September 2012 terkait pembelajaran IPA kelas V SDN Mangkang Kulon 02 ditemukan data bahwa guru mengajar menggunakan model non inovatif. Rata-rata prestasi belajar siswa masih rendah yaitu berkisar 52,6 dengan ketuntasan belajar klasikal 11,76%. Bertitik tolak dari kendala dan rendahnya kualitas pembelajaran tersebut, maka peneliti menawarkan solusi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Mangkang Kulon 02 melalui model inkuiri berbantukan media audiovisual. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 02 Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa serta meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN Mangkang Kulon 02 melalui penerapan model inkuiri berbantukan media audiovisual. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 3 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru dalam pembelajaran siklus I diperoleh persentase 64,28% dengan kategori tinggi, siklus II 74,99% dengan kategori tinggi, dan siklus III 87,49% dengan kategori sangat tinggi. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh persentase 64,79% dengan kategori tinggi, siklus II 74,16% dengan kategori tinggi, dan siklus III 82,50% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata klasikal 62,57 dengan ketuntasan belajar 55,88%, siklus II mendapat rata-rata klasikal 68,94 dengan ketuntasan belajar 67,64%, dan siklus III mendapat rata-rata klasikal 76,38 dengan ketuntasan belajar 85,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbantukan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Model Inkuiri, Media Audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:55
Last Modified: 22 May 2014 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17578

Actions (login required)

View Item View Item