PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI AP 1 SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Ossy Natalia CiciRiyanti, 7101409034 (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI AP 1 SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI AP 1 SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICEUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI AP 1 SMK NU 01 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembelajaran sebagai perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu untuk menghasilkan suatu perubahan. Perubahan yang terjadi itu sebagai akibat dari kegiatan belajar yang telah dilakukan oleh individu. Perubahan itu adalah hasil yang dicapai dari proses belajar. Oleh karena itu proses belajar yang telah terjadi dalam diri seseorang hanya dapat disimpulkan dari hasilnya, karena aktivitas belajar yang telah dilakukan. Perubahan yang diinginkan dapat dilakukan dengan melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran Drill And Practice. Drill And Practice ialah suatu teknik yang dapat diartikan sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan kelas XI AP 1SMK NU 01 Kendal sebagai subyek penelitian yang berjumlah 33 siswa. Responden akan diberikan pembelajaran menggunakan metodeDrill And Practice. Metode pengambilan data yang digunakan adalah obeservasi test, dandokumentasi. Penelitian dilakukan pada standar kompetensi mengelola sistem kearsipan. Hasil penelitian menunjukkan hasilbelajar siswa saat menggunakan metode Drill And Practice lebih baik dan mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan metode Drill And Practice. Hasil rata-rata kelas saat pratindakan yaitu 68,48 atau klasikal ketuntasan 48,48% dengan jumlah ketuntasan 16 siswa dan yang tidak tuntas 17 siswa. Pada siklus I hasil rerata mengalami peningkatan dari rerata pratindakan sebesar 68,48 menjadi 72,20 atau klasikal ketuntasan 66,67% dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 76,59 atau klasikal ketuntasan 81,81%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metodeDrill And Practice dapat meningkatkan hasil belajarpadasiswa. Saran penelitian ini adalah :1)Bagi guru, guru disarankan untuk ada pelatihan penggunaan metode pembelajaran Drill And Practice. Metode ini bisa dibantu dengan media yang menarik, agar dapat membantu ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran atau memvariasikan metode pembelajaran.2) Bagi siswa, siswa diharapkan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan persiapan sebelum pembelajaran itu sangat diperlukan guna konsentrasi diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MetodePembelajaranDrill And Practice, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:55
Last Modified: 22 May 2014 15:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17577

Actions (login required)

View Item View Item