ANALISIS KAUSALITAS INFRASTRUKTUR DENGAN INVESTASI ASING UNTUK MENINGKATKAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA


Rendy Sagita , 7111409089 (2013) ANALISIS KAUSALITAS INFRASTRUKTUR DENGAN INVESTASI ASING UNTUK MENINGKATKAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KAUSALITAS INFRASTRUKTUR DENGAN INVESTASI ASING UNTUK MENINGKATKAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA]
Preview
PDF (ANALISIS KAUSALITAS INFRASTRUKTUR DENGAN INVESTASI ASING UNTUK MENINGKATKAN PRODUK DOMESTIK BRUTO (PDB) INDONESIA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anggaran infrastruktur setiap tahun mengalami peningkatan, akan tetapi penelitian Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) menunjukkan kendala utama dalam berinvestasi di Indonesia adalah infrastruktur. Jika dibandingkan grafik pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan invesatsi asing hampir bergerak kearah yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat hubungan kausalitas antara infrastruktur dengan investasi asing, hubungan kausalitas infrastruktur dengan pertumbuhan ekonomi, dan hubungan kausalitas infrastruktur dengan pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kausalitas granger dengan uji prasyarat yaitu uji stasioneritas dan uji lag length criteria. Berdasarkan uji stasioneritas infrastruktur dan investasi asing stasioner pada Difference. Pajak dan PDB stasioner pada Difference. Sementara itu pada pengujian lag length criteria dihasilkan bahwa lag 1 merupakan lag optimal untuk melakukan uji kausalitas granger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pajak memiliki hubungan dengan infrastruktur. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,0059 yang lebih kecil dari α 5%. PDB juga memiliki hubungan dengan infrastruktur. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,0039 yang lebih kecil dari α 5%. Pajak memiliki hubungan dengan PDB, dimana nilai probabilitasnya lebih kecil dari α 5% yaitu sebesar 0,0001. Maka semakin tinggi penerimaan pajak akan meningkatkan PDB serta dana yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kausalitas Granger, Infrastruktur, Investasi Asing, Pertumbuhan Ekonomi, Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:55
Last Modified: 22 May 2014 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item