Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Globalisasi di Sekolah Dasar Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes.


Lili Mey Hendrayani, 1401409085, (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Globalisasi di Sekolah Dasar Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Globalisasi di Sekolah Dasar Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Globalisasi di Sekolah Dasar Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes.)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan pada pendidikan dasar SD. Dalam proses pembelajarannya, guru masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran demikian membuat siswa kurang tertarik dan mudah bosan pada kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Hal tersebut juga terjadi pada pembelajaran PKn materi Globalisasi di SD Negeri Kaligangsa Kulon 01 Brebes. Pembelajaran pada materi Globalisasi akan lebih menyenangkan dan bermakna jika siswa diberi kebebasan memilih topik pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar lain selain guru sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Pembelajaran yang demikian dapat diwujudkan dengan penggunaan model pembelajaran Group Investigation. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model konvensional pada pelajaran PKn materi Globalisasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yaitu 28 siswa dari kelas IVA dan 23 siswa dari kelas IVB. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diperoleh berjumlah 48 yaitu 26 siswa dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa dari kelas IVB sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan pembelajaran, pada kedua kelas diberikan soal postes. Berdasarkan nilai postes dilakukan uji hipotesis menggunakan Mann Whitney U Test pada program SPSS 17 kerena data yang diperoleh berdistribusi tidak normal dan tidak homogen. Setelah uji U dilakukan, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,044. Merujuk pada kriteria yang digunakan dalam penelitian maka nilai 0,044 < 0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada pelajaran PKn materi Globalisasi. Dari data postes yang diperoleh, hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Oleh karena itu, disarankan model pembelajaran Group Investigation agar diterapkan dan dikembangkan khususnya pada materi pelajaran yang sifatnya kompleks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:55
Last Modified: 22 May 2014 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17575

Actions (login required)

View Item View Item