PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MELALUI PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA Pada Mapel Kompetensi Kejuruan Kompetensi Dasar MC Kelas X1 AP 1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013)

Amri Nur Syihab, 7101409029 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MELALUI PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA Pada Mapel Kompetensi Kejuruan Kompetensi Dasar MC Kelas X1 AP 1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MELALUI PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA Pada Mapel Kompetensi Kejuruan Kompetensi Dasar MC Kelas X1 AP 1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013))
Download (1578Kb)

    Abstract

    Mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran dengan standar kompetensi Public Speaking mempunyai tujuan pembelajaran yaitu membentuk keterampilan soft skill siswa dalam berkomunikasi di depan umum. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa keterampilan siswa berkomunikasi secara verbal yaitu 6,4%, komunikasi non verbal hanya 36,6%, komunikasi secara intonasi 22,5%. Sedangkan hasil pra tindakan menunjukkan tidak ada siswa dengan kategori sangat terampil, kategori siswa terampil 12 atau 30%, kategori siswa kurang terampil 19 atau 47,5%, kategori siswa tidak terampil 7 atau 17,5%, kategori siswa sangat tidak terampil 2 atau 2,5%. Cara yang dapat digunakan sebagai stimulus untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di depan umum yaitu dengan memilih model pembelajaran yang tepat yaitu Think-Pair-Share untuk di aplikasikan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian Kelas X1 AP 1 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar penilaian keterampilan, soal evaluasi, lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian siklus I, kategori sangat terampil 7,5% atau 3 siswa, kategori terampil 65% atau 26 siswa, kategori kurang terampil 25% atau 10 siswa, kategori tidak terampil 2,5% atau 1 siswa, kategori sangat tidak terampil 0% atau siswa. Hasil penelitian siklus II, kategori sangat terampil yaitu 27,5% atau 11 siswa, kategori terampil 72,5% atau 29 siswa, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang terampil, tidak terampil dan sangat tidak terampil. Berdasarkan hasil penelitan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pelajaran Kompetensi Kejuruan Kompetensi Dasar MC Kelas X1 AP 1 SMK N 2 Blora. Saran yang dapat diberikan yaitu perlunya waktu yang cukup dan intensitas latihan berkomunikasi di depan umum dalam proses pembelajaran serta memaksimalkan dan memberikan variasi penerapan model pembelajaran TPS.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think-Pair-Share, Public Speaking, Keterampilan Komunikasi.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 11:58
    Last Modified: 22 May 2014 11:58

    Actions (login required)

    View Item