DETEKSI DINI KRISIS NILAI TUKAR INDONESIA : IDENTIFIKASI VARIABEL MAKRO EKONOMI TAHUN 1995 – 2011


Siti Romida Harahap, 7111409071 (2013) DETEKSI DINI KRISIS NILAI TUKAR INDONESIA : IDENTIFIKASI VARIABEL MAKRO EKONOMI TAHUN 1995 – 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETEKSI DINI KRISIS NILAI TUKAR INDONESIA : IDENTIFIKASI VARIABEL MAKRO EKONOMI TAHUN 1995 – 2011]
Preview
PDF (DETEKSI DINI KRISIS NILAI TUKAR INDONESIA : IDENTIFIKASI VARIABEL MAKRO EKONOMI TAHUN 1995 – 2011)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Krisis nilai tukar tahun 1997/1998 yang pernah dialami Indonesia menyebabkan depresiasi pada nilai tukar rupiah yang mencapai Rp 14.900 per dolar AS pada bulan Juni 1998 dengan perhitungan periode rata-rata. Depresiasi rupiah tersebut telah menyebabkan para pengusaha mengalami kesulitan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban luar negeri yang jatuh tempo dan untuk mengimpor bahan baku yang diperlukannya. Industri perbankan mengalami kesulitan dari rentetan masalah yang dihadapi nasabah dalam membayar hutang-hutang mereka. Krisis nilai tukar tersebut telah mengakibatkan aktivitas ekonomi Indonesia merosot tajam, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi pada periode tersebut sebesar -18,3%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi krisis nilai tukar Indonesia. Faktor – faktor tersebut adalah REER, pertumbuhan cadangan devisa, pertumbuhan ekspor, dan pertumbuhan impor. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data time series bulanan dengan periode pengamatan 1995-2011. Data bersumber dari Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia (SEKI) Bank Indonesia. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah model Logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tukar efektif riil atau Real Effective Exchange Rate (REER), pertumbuhan cadangan devisa, pertumbuhan ekspor berpengaruh negatif terhadap krisis nilai tukar, sedangkan pertumbuhan impor berpengaruh positif terhadap krisis nilai tukar Indonesia. Rekomendasi yang diberikan dari penelitian ini adalah pemerintah perlu menyusun suatu sistem deteksi dini dengan pendekatan yang sesuai dengan kondisi perekonomian Indonesia guna menghindari krisis nilai tukar yang lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Krisis, Nilai Tukar, Real Effective Exchange Rate (REER), Cadangan Devisa, Ekspor, Impor, Model Logit
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 15:58
Last Modified: 22 May 2014 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17571

Actions (login required)

View Item View Item