ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR–FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KOPI DI KECAMATAN SUMOWONO TAHUN 2012


Popy Satiti , NIM. 7111409025 (2013) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR–FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KOPI DI KECAMATAN SUMOWONO TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR–FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KOPI DI KECAMATAN SUMOWONO TAHUN 2012]
Preview
PDF (ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR–FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI KOPI DI KECAMATAN SUMOWONO TAHUN 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kopi merupakan komoditas utama di Kabupaten Semarang khususnya di Kecamatan Sumowono karena Kecamatan Sumowono merupakan penghasil kopi terbanyak. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi awal di salah satu desa terjadi alih fungsi lahan dari tanaman kopi menjadi salak yang dilakukan oleh beberapa petani. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana efisiensi teknis, harga (alokatif) dan ekonomi dalam penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani di Kecamatan Sumowono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efisiensi teknis, harga (alokatif) dan ekonomi dalam penggunaan faktor-faktor produksi pada usahatani kopi di Kecamatan Sumowono. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 97 petani di 13 Desa, Kecamatan Sumowono. Variabel dalam penelitian ini adalah luas lahan (X1), tenaga kerja (X2), bibit (X3), pupuk (X4) dan hasil produksi (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan efisiensi. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari hasil penghitungan efisiensi diperoleh nilai efisiensi teknis sebesar 0,88. Efisiensi harga sebesar –20,2 dan efisiensi ekonomi sebesar –17,74 dan nilai return to scale sebesar 0,30 yang menunjukkan usahatani kopi berada pada Decreasing Return to Scale. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata efisiensi teknis, efisiensi harga dan efisiensi ekonomi ini sejalan dengan hasil return to scale yang menunjukkan bahwa tidak efisien pada usahatani kopi di Kecamatan Sumowono. Dalam penelitian ini dapat disarankan kepada para petani hendaknya memanfaatkan faktor-faktor produksi yang dimilikinya secara proporsional agar dapat mencapai efisiensi sehingga usahatani yang dijalankan dapat memberikan keuntungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Usahatani Kopi, Faktor-Faktor Produksi, Efisiensi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:01
Last Modified: 22 May 2014 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17565

Actions (login required)

View Item View Item