ANALISIS REVITALISASI SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN TERHADAP PEREKONOMIAN DI JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN INPUT-OUTPUT


UTARI RETNO ASTRINI, 7111409005 (2013) ANALISIS REVITALISASI SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN TERHADAP PEREKONOMIAN DI JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN INPUT-OUTPUT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS REVITALISASI SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN TERHADAP PEREKONOMIAN DI JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN INPUT-OUTPUT]
Preview
PDF (ANALISIS REVITALISASI SEKTOR PERTANIAN DALAM PEMBANGUNAN TERHADAP PEREKONOMIAN DI JAWA TIMUR MELALUI PENDEKATAN INPUT-OUTPUT)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat dominan dalam pendapatan masyarakat di Indonesia. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya produktivitas pertanian adalah sumber daya manusia yang masih rendah dalam mengolah lahan pertanian dan hasilnya. Pembangunan ekonomi merupakan salah satu tolak ukur untuk menunjukkan adanya pembangunan ekonomi di suatu daerah. Oleh sebab itu dibutuhkan dengan adanya pencanangan yaitu revitalisasi dalam sektor pertanian yang mengartikan sebagai kesadaran untuk menempatkan kembali arti penting sektor pertanian dalam arti luas secara proporsional dan kontekstual dengan cara menyegarkan kembali vitalitas memberdayakan kemampuan dan meningkatkan kinerja pertanian dalam pembangunan nasional dengan tidak mengabaikan sektor lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sektor – sektor mana yang memiliki keterkaitan ke depan dan keterkaitan ke belakang sehingga dapat diketahui sektor mana yang menjadi sektor unggulan, potensial dan terbelakang di Provinsi Jawa Timur dengan metode alat analisis Input-Output. Kemudian dengan analisis input output dapat diketahui sektor mana yang berdampak paling besar terhadap angka pengganda (multiplier effect), permintaan akhir pada output, pendapatan (income) dan kesempatan kerja (employment) bagi sektor – sektor lainnya dan untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada setiap sektor jika terjadi perubahan pada struktur ekonomi di Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis input output yang telah dilakukan sektor yang memiliki keterkaitan ke depan dan keterkaitan ke belakang sekaligus menjadi sektor unggulan di Provinsi Jawa Timur adalah sektor listrik, gas dan air bersih dan sektor keuangan, persewaan, jasa perusahaan. Sektor yang paling berpengaruh terhadap kenaikan output sektor lainnya adalah sektor listrik, gas dan air bersih, sektor yang paling berpengaruh dalam peningkatan pendapatan (income) bagi sektor lainnya adalah sektor jasa – jasa dan lainnya dan sektor yang paling berpengaruh dalam peningkatan kesempatan kerja (employment) bagi sektor – sektor lain yaitu sektor pertanian. Sektor yang paling banyak menikmati hasil dari adanya perubahan struktur ekonomi yang terjadi adalah sektor industri pengolahan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan bahwa sektor yang paling berpengaruh positif terhadap sektor – sektor lainnya di Provinsi Jawa Timur dalam analisis angka pengganda (multiplier effect) dan pada analisis perubahan output yaitu sektor industri pengolahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi, Input Output.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:01
Last Modified: 22 May 2014 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17564

Actions (login required)

View Item View Item