MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA (STUDI KASUS PADA SISWA SMK CUT NYA’ DIEN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013)


Esti Imaniatun , 7101409296 (2013) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA (STUDI KASUS PADA SISWA SMK CUT NYA’ DIEN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA (STUDI KASUS PADA SISWA SMK CUT NYA’ DIEN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013)]
Preview
PDF (MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA KOMPETENSI DASAR LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA (STUDI KASUS PADA SISWA SMK CUT NYA’ DIEN KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2012 / 2013))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Ekonomi Akuntansi pada dasarnya dapat menggunakan berbagai macam metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode kooperatif yang dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Penggunaan Model Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar laporan keuangan di SMK Cut Nya‟ Dien Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X Akuntansi terdiri dari 35 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes tertulis dan hasil observasi. Adapun indikator keberhasilan adalah apabila hasil belajar siswa mampu mencapai nilai ≥ 76 dan minimal ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pada Siklus I presentase ketuntasan klasikal sebesar 41,17 %. Sedangkan pada Siklus II presentase ketuntasan belajar pada siklus II diperoleh 88,2%. Karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan, maka proses penelitian dihentikan pada Siklus II. Adapun hasil analisis data aktivitas guru pada siklus I dalam kategori ”baik” dengan persentase keberhasilan 73 %, sedangkan pada siklus II aktivitas guru dalam pembelajaran masuk kategori ”Sangat Baik” dengan persentase keberhasilan 86,7% dan aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan taraf keberhasilan sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II taraf keberhasilan aktivitas siswa sebesar 90%. Simpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Laporan Keuangan. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran agar siswa dapat termotivasi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Tutor Sebaya), Laporan Keuangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:04
Last Modified: 22 May 2014 16:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item