PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SDN PATEMON 01 SEMARANG


DITA AYU OKTABRILLIYANA, 1401409342 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SDN PATEMON 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SDN PATEMON 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TPS BERBANTUKAN GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS II SDN PATEMON 01 SEMARANG)
Download (14MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SDN Patemon 01 Semarang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SDN Patemon 01 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran TPS berbantukan gambar seri. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan 39 siswa kelas II SDN Patemon 01 Semarang. Hasil observasi keterampilan guru menunjukkan adanya peningkatan di setiap pertemuan, dari siklus I pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, siklus I pertemuan 2 memperoleh kriteria baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, dan siklus II pertemuan 2 memperoleh kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan adanya peningkatan di setiap pertemuan, dari siklus I pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup, siklus I pertemuan 2 memperoleh kriteria baik, siklus II pertemuan 1 memperoleh kriteria baik, dan siklus II pertemuan 2 memperoleh kriteria sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal juga menunjukkan adanya peningkatan siklus I pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 51,29%, siklus I pertemuan dengan ketuntasan klasikal 2 58,97%, siklus II pertemuan 1 dengan ketuntasan klasikal 74,36%, dan siklus II pertemuan 2 dengan ketuntasan klasikal 87,18%. Berdasarkan paparan hasil penelitian tersebut, dapat diambil simpulan bahwa model TPS berbantukan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SD Negeri Patemon 01 Semarang. Saran yang diberikan yaitu untuk menerapkan model pembelajaran TPS berbantukan gambar seri perlu diadakan suatu pelatihan yang berulang-ulang bagi guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: deskripsi, model TPS, gambar seri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:01
Last Modified: 22 May 2014 16:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item