PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01
DARU HESTI WIHARTASIH, 1401409314 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IVB SDN KARANGANYAR 01)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Karanganyar 01 masih rendah. Hasil observasi awal menunjukkan guru belum optimal menerapkan strategi inovatif, penggunaan media masih terbatas, rendahnya aktivitas siswa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini ditunjukkan ketuntasan belajar klasikal siswa hanya 39,02% siswa tuntas, 60,98% siswa tidak tuntas. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran Pkn melalui strategi concept mapping dengan multimedia. Rumusan masalah umum penelitian “Apakah melalui strategi concept mapping dengan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Karanganyar 01?” yang diperinci, “Apakah melalui strategi concept mapping dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Karanganyar 01?” Tujuan penelitian secara umum untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Karangnyar 01. Tujuan khusus penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IVB SDN Karanganyar 01. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas IVB SDN Karanganyar 01. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pkn kelas IVB SDN Karanganyar 01. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 28,5 kategori baik, siklus 2 skor rata-rata 34 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 20 kategori aktif, siklus 2 skor rata-rata 23 kategori aktif. (3) Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus 1 sebesar 69%, meningkat pada siklus 2 menjadi 83,7%. Kesimpulan penelitian melalui strategi concept mapping dengan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa kelas IVB SDN Karanganyar 01. Disarankan agar guru menerapkan strategi concept mapping dengan multimedia agar siswa dapat belajar aktif dan mandiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pembelajaran PKn, strategi concept mapping, multimedia |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 22 May 2014 16:01 |
Last Modified: | 22 May 2014 16:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17555 |
Actions (login required)
View Item |