KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MARGA AYU 01 KABUPATEN TEGAL

Atika Emilia, 1401409033 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MARGA AYU 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MARGA AYU 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (4Mb)

    Abstract

    IPA merupakan salah satu mata pelajaran penting yang diajarkan di SD. Dalam pembelajaran IPA, guru masih cenderung difokuskan pada penguasaan konsep dasar yang bersifat hapalan. Model pembelajaran Teams Games Tournament dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran TGT memberi kesempatan siswa aktif bekerja sama dalam menguasai materi pelajaran hingga mencapai hasil belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya peningkatan minat dan hasil belajar IPA antara siswa kelas VA dan VB yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan yang menggunakan model konvensional pada materi Struktur Bumi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Maarif NU Marga Ayu dan SD Negeri Marga Ayu 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 90 siswa. Sampel penelitian terbagi menjadi dua kelas yaitu 24 sampel dari kelas VA dan 25 sampel dari VB SD Negeri Marga Ayu 01 Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Posttest only control design. Analisis statistik yang digunakan untuk uji validitas yaitu korelasi product moment. Sementara untuk uji reliabilitas angket menggunakan Cronbach’s Alpha dan KR-21 untuk tes. Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor minat belajar siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penelitian sebesar 88,12% dan 70,85%. Sementara rata-rata skor hasil belajar siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol setelah penelitian sebesar 82,71 dan 66,2. Hasil uji t untuk minat dan hasil belajar menunjukkan nilai thitung = 7,476 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan thitung = 6,251 dan signifikansi sebesar 0,000. Harga ttabel dengan dk = 47 dan α = 0,05 yaitu 2,012. Hal ini berarti thitung > ttabel yaitu (7,476 >2,012) dan (6,251 >2,012) atau signifikannya 0,000< 0,05, sehingga dapat disimpulkan minat dan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD Negeri Marga Ayu 01 Kabupaten Tegal yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada yang menggunakan model konvensional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Minat, dan Hasil Belajar.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:01
    Last Modified: 22 May 2014 12:01

    Actions (login required)

    View Item