PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA KARTU WARNA PADA SISWA KELAS IVB SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG

Agus Hermawan, 1401409299 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA KARTU WARNA PADA SISWA KELAS IVB SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA KARTU WARNA PADA SISWA KELAS IVB SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG)
Download (2355Kb)

    Abstract

    Permendiknas No. 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa Bahasa Indonesia memegang peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa serta merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi, baik secara lisan maupun tulis. Berdasarkan KTSP 2006, mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD bertujuan agar siswa dapat: (1) berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai etika; (2) memahami dan bangga meggunakan bahasa Indonesia; (3) menggunakan Bahasa Indonesia dengan tepat untuk berbagai tujuan; (4) meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional dan sosial; (5) memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa; (6) menghargai dan membanggakan karya sastra Indonesia. Berdasarkan refleksi awal dalam pembelajaran menulis pantun anak, guru kesulitan dalam menentukan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi tersebut secara optimal. Aktivitas siswa dan keterampilan menulis pantun anak siswa juga rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis pantun anak pada siswa kelas IVB SDN Sampangan 01 Semarang?. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan keterampilan menulis pantun anak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat siklus penelitian. Tahapan tiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneltian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Sampangan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mencapai kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas. Aktivitas siswa juga dapat mencapai kategori baik dan dinyatakan tuntas. Ketuntasan belajar klasikal siswa dalam menulis pantun anak prasiklus 31,25%, meningkat pada siklus satu menjadi 62,5%, 68,8% pada siklus dua, 75% pada siklus tiga, dan 90,6% pada siklus empat. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan kontekstual dengan media kartu warna dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis pantun anak siswa kelas IVB SDN Sampangan 01 Semarang. Saran bagi siswa agar lebih rajin belajar. Saran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Pantun Anak, Pendekatan Kontekstual, Media Kartu Warna
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:02
    Last Modified: 22 May 2014 12:02

    Actions (login required)

    View Item