Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Cut Nya’ Dien Semarang

Arum Sari, 7101409024 (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Mata Diklat Melakukan Prosedur Administrasi Kelas X Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Cut Nya’ Dien Semaran)
Download (11Mb)

    Abstract

    Proses yang menjadi kendala di SMK Cut Nya’ Dien adalah keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang masih kurang. Guru dalam mengajar kurang melibatkan siswa untuk berpartisipasi aktif, guru masih kurang dalam pengembangan variasi mengajar. Berdasarkan observasi awal di SMK Cut Nya’ Dien Semarang kelas X Administrasi Perkantoran, diperoleh data bahwa kelas X Administrasi Perkantoran memiliki rata-rata nilai ulangan harian sebesar 69,2 yang berarti masih dibawah KKM. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, salah satu alternatifnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif . Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,34 dengan ketuntasan klasikal 64,45%, aktivitas siswa sebesar 62,88% dalam kategori cukup, aktivitas guru dalam pembelajaran sebesar 64,70% dalam kategori cukup. Hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81 dengan ketuntasan klasikal 84,45%, aktivitas siswa 84,56% dalam kategori sangat tinggi, untuk aktivitas guru sebesar 93% dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Cut Nya’ Dien Semarang pada mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Saran yang diberikan yaitu pengelompokkan siswa perlu diperhatikan, pembagian waktu selama pembelajaran harus benar-benar diperhatikan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:04
    Last Modified: 22 May 2014 12:04

    Actions (login required)

    View Item