UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN FILM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET KELAS X PM SMK N 1 BATANG


Dian Retno Lukitasari , 7101409274 (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN FILM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET KELAS X PM SMK N 1 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN FILM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET KELAS X PM SMK N 1 BATANG]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN FILM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET KELAS X PM SMK N 1 BATANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas X PM SMK N 1 Batang, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan belum mencapai hasil yang maksimal. Hal ini diduga disebabkan beberapa faktor. Salah satu diantaranya yaitu faktor dari dalam diri siswa seperti masih kurangnya keaktifan dan kemampuan siswa dalam berpikir kritis serta memecahkan suatu masalah dalam proses pembelajaran di kelas. Indikator dari kurang aktifnya siswa adalah terlihat bahwa dalam proses pembelajaran di kelas, masih banyak siswa yang enggan untuk bertanya, menjawab, maupun menanggapi pertanyaan dari guru. Tidak aktifnya siswa dalam proses pembelajaran memperlihatkan bahwa kurangnya aktivitas siswa dalam berpikir. Siswa masih cenderung malas untuk menggali kemampuan berpikirnya dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan salah satunya yaitu dengan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan film sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X PM SMK N 1 Batang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X PM SMK N 1 Batang. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Proses penelitian terdiri dari 4 langkah yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data yang diambil antara lain kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa melalui tes, dan melalui teknik non tes yaitu mengamati aktivitas guru melalui lembar observasi aktivitas guru serta tanggapan siswa mengenai model pembelajaran berbasis masalah melalui angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat pada setiap siklusnya, terbukti dari hasil tes kemampuan berpikir kritis yang tadinya pada siklus I skor rata-ratanya sebesar 420 dengan kategori tingkat kekritisan rendah, pada siklus II meningkat menjadi 517 dengan kategori tingkat kekritisan tinggi. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari siklus I yang semula rata-ratanya hanya 74,85, pada siklus II bisa menjadi 84,56. Ini berarti rata-rata tersebut juga sudah mencapai indikator keberhasilan. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berbantuan film sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan juga meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:04
Last Modified: 22 May 2014 16:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17547

Actions (login required)

View Item View Item