MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERHITUNGAN KURS VALUTA ASING MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN KELAS XI IPS SMAN 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL

Arif Hidayat, 7101409267 (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERHITUNGAN KURS VALUTA ASING MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN KELAS XI IPS SMAN 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERHITUNGAN KURS VALUTA ASING MELALUI PERPADUAN METODE CERAMAH BERVARIASI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN KELAS XI IPS SMAN 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)
Download (5Mb)

    Abstract

    Motivasi merupakan salah satu faktor penentu prestasi yang terdapat dalam diri siswa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran ekonomi, yakni: siswa kurang menyiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai, rendahnya motivasi belajar siswa, dan siswa belum memiliki ketertarikan terhadap pembelajaran ekonomi. Siswa yang kurang termotivasi berdampak pada rendahnya capaian prestasi belajar siswa dengan ketuntasan belajar hanya sebesar 37,7%. Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada materi perhitungan kurs valuta asing maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan memadukan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Rancangan kegiatan penelitian ini adalah siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar pengamatan untuk mengukur motivasi siswa. Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dapat dilihat pada tingkat aktivitas siswa siklus I termasuk dalam kategori aktif, dan pada siklus II mengalami peningkatan termasuk dalam kategori sangat aktif. Peningkatan motivasi yang ditunjukkan melalui aktivitas belajar siswa berdampak terhadap prestasi belajar siswa yaitu pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa termasuk dalam kategori baik, pada siklus II rata-rata termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan tingkat aktivitas guru pada siklus I dengan kategori aktif, dan pada siklus II meningkat dengan kategori sangat aktif. Kesimpulan penelitian ini yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran materi perhitungan kurs valuta asing melalui perpaduan ceramah bervariasi dan model pembelajaran bermain peran. Saran penelitian ini yaitu guru sebaiknya memberikan motivasi siswa untuk lebih percaya diri sehingga siswa tidak merasa malu-malu dalam membawakan peran dan mengungkapkan gagasan, menjelaskan pentingnya kerja sama antar anggota kelompok sehingga tercipta kerjasama antar siswa yang akan berdampak pada baiknya kualitas hasil diskusi, intensif memantau jalanya pembelajaran, sehingga siswa yang melamun, mengobrol, serta bergurau saat mengikuti pembelajaran dapat diminimalkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Learning Achievement, varied lecture method, Role Playing Learning Model.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:07
    Last Modified: 22 May 2014 12:07

    Actions (login required)

    View Item