PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG

Adi Wijaya, 1401409297 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 SEMARANG)
Download (3778Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang yaitu keterampilan guru yang masih berperan aktif dalam menyampaikan informasi melalui metode ceramah, dalam pembelajaran guru kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran. Sehingga berdampak pada aktivitas siswa yaitu kurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPA, keaktifan siswa kurang dan cenderung pasif. Hasil belajar IPA rendah. Hal ini ditunjukkan dari 38 siswa, 23 siswa (60,53%) mendapat nilai di bawah KKM yaitu <70 dan 15 siswa (39,47%) di atas KKM. Untuk memperbaiki hal tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media CD pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I, keterampilan guru mendapatkan rata-rata skor 16 dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 16,49 dengan kriteria baik. Pada siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 23,26 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan siswa adalah 59,21%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 84,22%. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang pada pembelajaran IPA. Penerapan model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, STAD, CD pembelajaran
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 12:05
    Last Modified: 22 May 2014 12:05

    Actions (login required)

    View Item