PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 7 SEMARANG


Jevrie Randy Giovani Nusantara , 7101409221 (2013) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 7 SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi akademik mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMA Negeri 7 Semarang tergolong rendah. Masih banyak siswa yang belum mencapai standar kompetensi ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Prestasi akademik yang masih tergolong rendah ini diduga dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler dan juga perilaku belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar terhadap prestasi akademik mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMA Negeri 7 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel 54 siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Semarang. Siswa tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia di SMA Negeri 7 Semarang. Indikator penelitian pada kegiatan ekstrakurikuler yaitu pilihan, individu, keterlibatan aktif, etos kerja, dan kemanfaatan sosial. Indikator penelitian pada perilaku belajar adalah kebiasaan mengikuti pelajaran, sikap dalam menerima pelajaran, dan tingkah laku efektif. Hasil penelitian ini menujukkan pada deskriptif persentase kegiatan ekstrakurikuler termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 78,5%. Untuk hasil deskriptif persentase perilaku belajar termasuk dalam kategori cukup dengan persentase 67%. Hasil analisis regresi berganda diperoleh model regresi Ŷ=77,111 - 0,405X1 + 0,734X2 yang memilki arti bahwa setiap terjadi kenaikan 1 unit skor kegiatan ekstrakurikuler, maka akan diikuti penurunan prestasi akademik pada mata pelajaran ekonomi sebesar -0,405 dengan asumsi bahwa perilaku belajar bersifat tetap, setiap terjadi kenaikan 1 unit skor perilaku belajar akan diikuti kenaikan prestasi akademik pada mata pelajaran ekonomi sebesar 0,734 dengan asumsi bahwa kegiatan ekstrakurikuler bersifat tetap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap prestasi akademik. Perilaku belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi akademik. Kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMA Negeri 7 Semarang. Untuk meningkatkan prestasi akademik, siswa sebaiknya meningkatkan perilaku belajar ketika di kelas serta mengurangi kegiatan ekstrakurikuler. Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler harus pandai membagi waktu antara belajar dengan berkegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kegiatan ekstrakurikuler, perilaku belajar, prestasi akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 16:07
Last Modified: 22 May 2014 16:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17537

Actions (login required)

View Item View Item