PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 2 SALATIGA


Juliyana Ratna Sari , 7101409206 (2013) PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 2 SALATIGA]
Preview
PDF (PENGARUH IKLIM KELAS DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK PGRI 2 SALATIGA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar adalah daya penggerak yang memberikan kekuatan dan mengarahkan aktivitas seseorang untuk melakukan usaha dalam mencapai suatu tujuan. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ada dua yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor ekstrinsik, yaitu iklim kelas dan lingkungan keluarga. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1)Bagaimana gambaran tentang iklim kelas, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar siswa? (2)Adakah pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa? (3)Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa? (4) Adakah pengaruh iklim kelas dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:(1) gambaran umum tentang iklim kelas, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar siswa, (2) pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa,(3) pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, (4) pengaruh iklim kelas dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 2 Salatiga jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS release 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 0,655 + 0,552X1 + 0,468X2. Uji F diperoleh Fhitung = 12,601, sehingga H3 diterima. Secara parsial (uji t) variabel iklim kelas (X1) diperoleh t hitung = 3,718 , sehingga H1 diterima. Variabel lingkungan keluarga (X2) diperoleh t hitung = 2,133 , sehingga H2 diterima. Secara simultan (R2) iklim kelas dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 19,8%. Besarnya kontrubusi secara parsial (r2) yang diberikan variabel iklim kelas terhadap motivasi belajar sebesar 13,03% , sedangakan variabel lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar sebesar 4,70%. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh iklim kelas dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebagai seorang siswa anak perlu memiliki sikap terbuka kepada orang tuanya mengenai kesulitan belajar yang dialaminya, dan siswa yang memiliki sikap mudah putus asa perlu diberikan penghargaan-penghargaan untuk meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklim Kelas, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 23:15
Last Modified: 22 May 2014 23:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item