PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VA SD BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG


NURMA YUNIARDI, 1401409291 (2013) PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VA SD BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VA SD BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VA SD BOJONG SALAMAN 02 SEMARANG)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi yang dilakukan peneliti dengan tim kolaborator, melalui data dokumen, hasil wawancara, dan hasil observasi, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran membaca pemahaman di kelas VA SD Bojong Salaman 02 Semarang. Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia belum menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif. Guru belum membimbing siswa untuk menentukan tema bacaan, membuat pertanyaan, dan menyusun kesimpulan dari bacaan. Media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa, sebagian besar siswa kurang aktif membaca, hanya beberapa siswa yang dapat menjawab pertanyaan dari guru dengan benar, sebagaian besar siswa masih kebingungan dalam menyusun kesimpulan dari bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V A SD Bojong Salaman 02? Tujuan penelitian adalah: Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VA SD Bojong Salaman 02. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Bojong Salaman 02 Semarang. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca siswa. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dengan teknik tes dan non tes berupa observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantatif. Hasil observasi keterampilan guru menggunakan strategi PQ4R pada Siklus I mendapat skor dengan kriteria baik dan pada siklus II mendapat kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I mendapat skor baik dan pada siklus II mendapat skor baik. Keterampilan membaca pemahaman siswa pada siklus I pertemuan 1 53,33% meningkat menjadi 70% pada pertemuan 2. Siklus II pertemuan 1 80% meningkat menjadi 83,33% pada pertemuan 2. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya guru menerapkan Strategi PQ4R dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena strategi PQ4R dapat mengaktifkan siswa dan meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca pemahaman, Strategi Preview Question Read Recite Reflect Review
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:07
Last Modified: 22 May 2014 16:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item