PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR SEMARANG


RIFQI UBAIDILLAH, 1401409290 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA FLASHCARD SISWA KELAS VA SDN BENDAN NGISOR SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menulis aksara Jawa di SDN Bendan Ngisor kurang variatif dan mengharuskan siswa untuk menghafal bentuk-bentuk dan aturan penulisannya. Tetapi guru belum optimal melaksanakan pembelajaran yang membuat siswa antusias, dan mengaktifkan siswa selama pembelajaran serta kurangnya media pembelajaran bahasa Jawa yang inovatif yang mampu menarik minat siswa dalam mempelajari aksara Jawa. Hasil belajar kognitif siswa juga belum mencapai kriteria ketuntasan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis kalimat beraksara Jawa siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor Semarang? Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis kalimat beraksara Jawa siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor. Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat dari siklus I dengan perolehan skor 27 dengan kategori cukup, siklus II dengan perolehan 40 dengan kategori baik, dan siklus III dengan perolehan skor 52 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I dengan perolehan skor 19,3 dengan kategori cukup, siklus II dengan perolehan skor 21 dengan kategori baik, dan siklus III dengan perolehan skor 23,5 dengan kategori baik. Keterampilan siswa menulis kalimat beraksara Jawa meningkat dari siklus I dengan perolehan skor 9 dengan kategori cukup, siklus II dengan perolehan skor 9,7 dengan kategori cukup, dan siklus III dengan perolehan skor 10,8 dengan kategori baik. Simpulan, melalui model Think Pair Share dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat beraksara Jawa siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, kalimat beraksara Jawa, Think Pair Share, flashcard.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:05
Last Modified: 22 May 2014 16:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item View Item