PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG
ANDANG WIJAYANTO, 1401409288 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 menegaskan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hakhak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan kurikulum KTSP 2006, Ruang lingkup dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mencakup aspek-aspek yaitu: (a) persatuan dan kesatuan, (b) norma, (c) hukum, (d) peraturan, (e) hak asasi manusia, (f) kebutuhan warga negara, (g) konstitusi negara, (h) pancasila, (i) kekuasaan dan politik, (j) globalisasi. Data observasi awal pembelajaran PKn menunjukkan berbagai permasalahan yang timbul yang mempengaruhi kualitas pembelajaran yang rendah, diantaranya factor guru, siswa, dan fasilitas belajar. model pembelajaran yang digunakan guru belum variatif dan cenderung monoton, sehingga minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn juga rendah. Solusi dari masalah ini adalah dilaksanakannya penelitian tindakan kelas menggunakan model Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang. Model pembelajaran Team Game Tournament adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 3 siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 26 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 32 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,05 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor rata-rata 2,72 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor rata-rata 2,98 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,00 dengan ketuntasan klasikal 64,10%, siklus II memperoleh skor rata-rata 72,69 dengan ketuntasan klasikal 76,92%. Dan pada siklus III memperoleh skor rata-rata 83,33 dengan ketuntasan klasikal 89,74%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajarsiswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang. Saran yang dirumuskan adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media teka-teki silang sebagai alternative solusi guna meningkatkan keterampilan mengajar agar lebih inovatif, aktivitas siswa agar dapat aktif berpartisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran PKn, Teams Games Tournament, teka-teki silang. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 22 May 2014 16:08 |
Last Modified: | 22 May 2014 16:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17532 |
Actions (login required)
View Item |