PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI SEKARAN 01 SEMARANG


FITRI MAKIYAH, 1401409280 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI SEKARAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI SEKARAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI SEKARAN 01 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Dengan mempelajari IPS, siswa akan memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. Hasil observasi dan refleksi yang dilakukan di SD Negeri Sekaran 01 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas IVA, diantaranya guru belum menggunakan masalah sebagai pemancing rasa keingintahuan siswa terhadap materi, belum menggunakan media dan model inovatif dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa yang kurang, dan hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM (≥67). Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVA dilakukan tindakan dengan menerapkan model Problem Based Learning dengan media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah menggunakan model Problem Based Learning dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Permasalahan tersebut dikaji melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SD Negeri Sekaran 01 Semarang yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan data keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 18 dengan kategori baik, siklus II mendapat skor 21 kategori baik, dan siklus III mendapat skor 25 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata skor 16,8 dengan kategori cukup, siklus II rata-rata skor 20,3 dengan kategori baik, dan siklus III rata-rata skor 23,4 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I dengan persentase 63,2%, siklus II 78,9%, dan siklus III dengan persentase 89,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning dengan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan, dalam melaksanakan pembelajaran IPS sebaiknya guru perlu menerapkan model Problem Based Learning dengan media video agar siswa lebih memahami konsep tentang penentuan alternatif pemecahan masalah sehingga dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dan berani menyampaikan pertanyaan atau pendapatnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Problem Based Learning, Media Video
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 16:08
Last Modified: 22 May 2014 16:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item